Selasa, 15 Juli 2008

Ayat-Ayat cinta By : Habiburahman El Shirazy


Niat mulia sang penulis ingin menggambarkan poligami dan dari sudut pandang Islam?? Adakah pria seperti Fahry?? tampang lumayan, pintar, taat, baik hati. Terlalu sempurna sepertinya. Bahkan mendekati sesuatu yang utopis. ga realistis. Dicintai empat orang wanita?? Impian hampir semua pria normal sepertinya. Tetapi tidakkah ini tampak sangat narsis?? Ibarat impian tak kesampaian sang penulis. 

Tetapi walaupun begitu, novel ini memang penuh dengan nilai dan pesan. Walaupun terkesan menggurui. ada adegan-adegan yang bikin mengharu biru. Dalem banget.

Sayangnya pesannya tentang poligami 'disalahgunakan' oleh banyak pihak tentang arti poligami itu sendiri. Lihat saja berapa banyak sinetron-sinetron sampah saat ini yang tokohnya berpoligami?? Terpengaruh euforia ayat-ayat cinta?? kesannya berpoligami itu mudah dan murah. Hanya sekedar pemuasan nafsu purba kaum Adam. Itu pula yang menimbulkan kesan negatif beberapa pihak terhadao Islam dan poligami. Padahal dalam Al QurĂ¡n poligomi itu dibolehkan asal 'mampu'. Kata mampu itulah yang sering disalah artikan. 

Memang sih, bukan salah ayat-ayat cinta kalau para pembuat sinetron kita pada ikut-ikutan pasang tema poligami. Indonesia gitu loch. Setiap ada sesuatu yang jadi trend langsung hajar. Trend plagiat yang membudaya??

0 komentar:

Poskan Komentar