Minggu, 04 April 2010

Happy Birthday NSN


Tak terasa, sudah tiga tahun berlalu sejak merger antara dua raksasa telekomunikasi ini dilakukan. Tak terasa, sudah hampir lima tahun saya bekerja di sini (kalau masa kerja selama masih Siemens dihitung juga). Di antara berbagai suka, duka, senang, sedih, tawa, tangis, marah, emosi, sakit hati, maki, konflik, sikut-sikutan, dukungan, kerjasama, tekanan, target, complain, perjuangan, kerja keras, cinta, persahabatan, petualangan dan pelajaran hidup. Lima tahun yang penuh warna. Lima tahun yang penuh pengalaman dan pelajaran berharga. Lima tahun yang telah membuat saya mengenal banyak orang dengan berbagai karakternya. Lima tahun yang telah membuat saya berkelana ke berbagai tempat di nusantara.

Tidak semua hal yang saya alami selama berada di NSN itu indah. Mulai dari status yang tak kunjung berubah kontrak dari dulu hingga sekarang, kapan permanennya ya? “permanen kontrak”. Serta banyaknya tekanan dan kerja gila-gilaan hingga lupa waktu, lupa makan dan lupa kesehatan, apalagi kalau sudah deadline. Entah sudah berapa banyak hal yang dikorbankan selama menjalani profesi ini dengan berbagai resikonya. Mulai dari “dibiasakan berbohong”, atau kalau istilah kerennya negosiasi dan manipulasi kata-kata :P entah sdh berapa banyak “dosa” yang kubuat. Baik sadar ataupun tidak. belum lagi cita-cita meraih jenjang S2 yang tak kunjung dimulai karena “terpaksa” hidup nomaden. Berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Belum lagi pengorbanan karena harus sering hidup jauh dari keluarga, sahabat dan orang2 tercinta. Bertemu dgn banyak orang, tetapi tak lama berselang langsung berpisah. Banyak, tetapi tak dekat. Ramai, tetapi sunyi. Terkadang lama-lama hal ini membuatku jenuh dan bosan.

Mengutip ucapan seorang teman, “Sudah berapa banyak cinta yang kandas di tengah jalan karena NSN?” karena pekerjaan, seringkali banyak terjadi masalah dan percekcokan beberapa rekan dengan pasangannya masing2 (mungkin saya dan anda adalah salah satunya? ) Banyak juga yang ketemu jodoh, mengalami jatuh cinta dan patah hati di NSN . intinya tetap saja soal jodoh atau tdk kan?

Dalam kurun waktu lima tahun, saya telah bertemu banyak orang dan melihat banyak tempat. Satu hal yang paling kusukai. Jalan-jalan. Di NSN saya punya banyak kesempatan untuk travelling ke banyak tempat secara gratis. Atau paling tidak dengan biaya minim. Hampir semua pulau besar di Nusantara (kecuali Papua) sudah kukunjungi. Entah sudah berapa banyak kota (besar maupun kecil) yang sdh pernah kusinggahi. Dan ini karena profesi. Jadi tanpa biaya kan :D mungkin kalau saya masih bekerja di banking seperti sebelumnya, hingga saat ini saya blm bisa menginjakan kaki di Toraja yg unik, serta “kembarannya” tanah batak karo di pulau samosir yg indah. Belum tentu bisa kakiku menapaki belantara hutan borneo hingga kampung pedalaman di Banten dan Pulau Jawa. Belum tentu juga aku bisa berani bermimpi untuk bisa keliling dunia suatu hari nanti.

Intinya, walaupun sering mengeluh karena tekanan pekerjaan yang membuat pening. Walaupun salary yang tak ada perubahan selama 2 thn terakhir ini. walaupun masih tetap jadi karyawan “permanen kontrak”. Walaupun tdk juga ada peningkatan karir yg jelas. Bisa seenaknya menaik atau turunkan jabatan seseorang, apalagi memutuskan kontrak orang. Walaupun sering kecewa dgn ulah beberapa orang “oknum” yang kurang jujur, KKN, egois, serta banyak sikut-sikutan. Walaupun pernah “hampir” jadi korban kambing hitam dan “ditendang” seenaknya oleh kroni dan geng KKN. Walaupun semakin lama semakin banyak saja peraturan dan kebijakan yang menjengkelkan, menyulitkan dan semakin menafikkan arti para karyawan temporer. Walaupun harus rela “dilempar2” entah ke mana. Terkadang sendirian dgn fasilitas minim. Walaupun sering mengeluh karena atasan, rekan, partner kerja serta customer yang menyebalkan. Walaupun harus rela kerja lembur tanpa dibayar (batasan 18 jam euy ). Demi progress semua harus dilakukan. Walaupun..dan banyak walaupun lainnya. Tetapi tetap saja, aku bersyukur bisa berada di sini. Lebih lagi kalau ada kenaikan gaji & bonus ^^ Beruntung rasanya bergabung di sini. Karena di sinilah aku bertemu dengan banyak teman dan sahabat (plus gebetan :P). Walaupun memang tujuan utama orang bekerja adalah demi materi. Tetapi, “Sahabat dan persahabatan adalah hadiah terbaik yang bisa kau berikan pada diri sendiri”. Ditambah lagi dengan berbagai pelajaran dan pengalaman berharga yang kudapatkan selama bekerja di sini. walaupun itu tetap tdk menutup kemungkinan buatku untuk searching for a better place ya ^^ Love your job, but not the company. Because you never know until when company loves you and then suddenly stop loving you.

Happy birthday NSN
. semoga semakin sukses dan jaya. Jangan lupakan jasa dan kerja keras para karyawannya. Sekecil apapun itu peranan dan jabatannya, juga statusnya. Karena ketahuilah, sebagai perusahaan yang lebih banyak bergerak di bidang jasa & teknologi, peran SDM sangat besar. Tolong lebih perhatikan lagi nasib para karyawan kontrak seperti kami. Jadikan karyawan yang sdh bekerja lebih dari 3 thn menjadi karyawan permanen. Atau paling tdk, buka dan beri kesempatan yang sama dan fair pada mereka yg sdh lama bekerja untuk lebih meningkatkan karir dan statusnya. Semoga tahun ini ada peningkatan status dan nasib bagi kami. Semoga tahun ini ada kenaikan gaji dan pembagian bonus besar-besaran. No more “personil cutting”. No more pemecatan.

Let’s works together to bringing networks to life.


Palangkaraya, 3 April 2010

0 komentar:

Posting Komentar